Kerangka Kerja untuk Ilmu Web : BAB III – Rekayasa Web (Rangkuman)

Kerangka Kerja untuk Ilmu Web : BAB III – Rekayasa Web (Rangkuman)

Apa yang ada dipikiran kalian ketika mendengar Hashtag? Misalkan hashtag latepost, dalam pikiran kalian pasti itu mengenai hal-hal dimasa lampau yang baru di post saat ini. Mungkin isinya berbeda, tapi hal yang mendasarinya adalah sama. Tapi komputer tidak tahu hal itu berbeda, komputer hanya tau hal itu mengenai hashtag latepost tetapi komputer tidak mengetahui bahwa isi kegiatan dari latepost itu berbeda-beda bahkan jenis kegiatan dan orangnya berbeda. Karena komputer hanya tau bahwa hal-hal tersebut memiliki koneksi ke hashtag latepost. Sehingga ada penambahan data (ontologi) dalam medianya, yaitu video atau gambar tadi adalah hashtag latepost. Tetapi secara folksonomi hal itu berbeda, hanya manusia yang bisa membedakannya, komputer tidak.

Web Semantik?

Web semantik bisa dibilang mesin pencarian tetapi bisa juga tidak. Karena di bahas dari kata semantik, yang membicarakan mengenai frasa kata dalam suatu Web. Jika kalian pernah mencari suatu kata dan kelebihan satu huruf, sehingga kalian menemukan adanya peringatan bahwa data tersebut tidak ditemukan. Atau kalian pernah mengetikan kata, tetapi kata yang diketikkan tersebut salah ketik, lalu terdapat sugesti kata hasil perbaikan yang dapat dipilih. Yang paling kompleks adalah yang terdapat kata sugesti-nya, karena memerlukan lebih banyak prosesnya dan ketika diakses membutuhkan waktu yang lebih panjang ketimbang proses pencarian yang penulisan kata yang salah dan tidak terdapat sugestinya.

Mengapa semantik pada Web diperlukan? Karena dalam membuat suatu Web, gunakanlah kalimat-kalimat yang orang lain mengerti bahwa Web ini untuk hal yang diinginkannya. Seperti membuat Web untuk memasak, gunakanlah kata-kata yang tepat untuk merujuk ke hal masak-memasak, karena Web yang dibuat dapat dengan mudah dicari oleh para pengguna.

Kapan sih dua halaman itu sama? Dapat dilihat dari paling sedikit 2 faktor. Selain faktor konten/isi juga faktor struktur dari Webnya. Kalau secara konten mungkin sama tapi secara struktur belum tentu sama. Contohnya mahasiswa yang ditugaskan untuk membuat penulisan, dia mengambil data dari Wikipedia lalu dimasukkan ke blog-nya. Secara konten dia melakukan plagiat, tapi secara struktur Web berbeda.

Rekayasa Web merupakan tujuan baru di masa mendatang, tujuannya adalah meningkatkan pelayanan Web terhadap data, meningkatkan kecepatan pengaksesan data untuk memenuhi kebutuhan pengguna, meningkatkan efisiensi dalam pendistribusian data dimasa yang akan mendatang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *